marunting catering jual sapi dan kambing bintang furniture Pangkalan Bun iklan hp 0852 4921 9583 jual burung service komputer iklan hp 0852 4921 9583 iklan hp 0852 4921 9583
Service Komputer - Maintenance - Pengetikan - Cetak Foto dari HP - Games HP & Komputer - Mp3 Mp4 - Burnning - Scan Alamat Jl. Sukma Arya Ningrat No. 45 Kel. Baru Pangkalan Bun HP. 0852 4921 9583

Minggu, 11 November 2012

Cara Mudah Membuat Stempel Berbentuk lingkaran dengan Photoshop

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  Buat lembar kerja baru. Klik File -> New -> kali ini saya menggunakan  ukuran
400px X 400px -> Background Contens pilih White.
 

Buat lingkaran dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool. Tekan Shift pada keyboard untuk mendapatkan bentuk lingkaran yang sempurna.
   Duplikat layer Background dengan menekan CTRL + J sehingga akan terbentuk satu layer diatas layer Background.
  Pilih menu Layer > Layer Style > Stroke dengan layer 1 yang asih dalam keadaan aktif
   Lingkaran luar stempel kita sudah terlihat.
  Kita akan membuat lingkaran dalam stempel dengan cara menduplikat layer 1 (CTRL + J ) pada layer 1 yang aktif sehingga terbentuk layer 2.
   Pada layer 2 kita transform untuk membuat lingkaran ini lebih kecil dan nantinya akan kita letakkan pada bagian dalam lingkaran layer 1 dengan cara klik menu Edit > Trasnform > Scale kemudian kita kecilkan ukuran lingkaran layer 2 dan kita letakkan didalam lingkaran layer 1 sehingga sekarang sudah terlihat dua lingkaran pada lembar kerja kita.
  Kita buat layer baru lagi ( layer 3 ).
   Sekarang kita membuat garis mendatar yang berada di tengah-tengah lingkaran dengan menggunakan menu Retangular Marquee Tool sehingga akan nampak garis putus-putus.
    Setelah itu klik menu Select > Modify > Border, isi nilai Width dengan nilai 2 Px.
   Sapukan brush didaerah yang sudah di seleksi dengan border tersebut sehingga akan terbuatlah satu persegi panjang di tengah-tengah lingkaran dan ini berada pada layer 3.
    Klik CTRL + D untuk menghilangkan garis putus-putus ( seleksi ) tersebut.
   Dengan menggunakan Erase tool hapus persinggungan antara lingkaran dalam ( layer2 ) dengan persegi yang baru saja kita buat.
   Stempel dasar sudah kita buat , tinggal lagi kita menambahkan tulisan pada stempel tersebut.
 
   Sekarang kita membuat lingkaran lagi tapi dengan teknik path. Teknik ini digunakan untuk membuat teks supaya melingkar/mengikuti pada lingkaran/path yang telah kita buat. Caranya buat layer baru lagi, aktifkan Ellipse Tool pada option bar pilih tanda path. Selanjutnya buat lingkaran sedikit lebih besar dari lingkaran yang berada di dalam. Tekan shift untuk mendapatkan bulat sempurna. Untuk mempermudah membuat lingkaran supaya tepat berada di tengah-tengah klik kanan -> pilih Free Transform Path. Sambil menyesuaikan bentuk lingkaran tekan shift pada keyboard agar lingkaran tetap bulat.




    Buat layer baru lagi di atasnya. Sekarang kita akan membuat teks mengikuti lingkaran path yang telah kita buat. Caranya klik Horizontal Type Tool kemudian dekatkan cursor pada lingkaran path hingga muncul tanda garis bengkok. Selanjutnya klik dan tulis kata-kata yang diinginkan namun hanya sampai setengah lingkaran saja ya. jangan lupa gunakan font dan ukuran yang pas. Saya menggunakan teks “Achmad Photography” .
   Gunakan Path Selection Tool untuk menggeser posisi teks. Caranya dekatkan cursor pada lingkaran kecil pada path hingga ada tanda panah ke atas, kemudian geser pada posisi yang di inginkan. Selanjutnya dekatkan cursor pada teks hingga muncul tanda panah ke bawah, kemudian tarik/geser.
   Buat layer baru. Buat dua tanda pemisahnya. (ingat setiap saat anda memulai membuat design usahakan selalu membuat pada layer baru) Terserah anda mau dikasih tanda pemisahnya apa.
    Buat layer baru lagi. Buat lingkaran path seperti pada langkah 15 namun lebih besar. Buat lingkaran Path sejajar dengan bagian atas teks.
   Ulangi langkah 16 bedanya cuma pada tulisannya saja, kalau pada langkah 16 menggunakan teks “Achmad Photography” sedangkan pada langkah ini menggunakan teks “V3 Editing Studio”. Jadinya seperti gambar berikut ok….
    Langkah selanjutnya adalah membuat teks “V3 Editing Studio” berada di dalam lingkaran sejajar dengan teks “Achmad Photography”. Caranya klik Path Selection Tool kemudian tarik/drag ke arah dalam lingkaran. Sampai di sini anda mungkin akan mendapatkan teks menjadi berdempetan untuk mengatasinya saya tinggal memberinya jarak spasi saja dengan menekan tombol spasi pada keyboard.
22.   Sekarang anda tinggal membuat tulisan mendatar yang berada di tengah-tengah stempael buatan anda.
Stempel sudah selesai dibuat…
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar